Piknik ke Belitung Enggak Mahal Kok!!!!

MUNGKIN banyak di antara kalian, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa berfikiran melancong ke ke Belitung bakal butuh biaya mahal. Kalau kalian berfikir demikian itu salah, gaes. Enggak semahal yang dibayangkan kok!!!

Gw coba berbagi  pengalaman perjalanan gw ke Belitung Februari 2012 kemarin. Cara yang paling cepat, khususnya kalian yang tidak punya banyak waktu liburan pastilah naik pesawat. Coba dari jauh-jauh hari sebelum jadwal trip yang dirancang anda hunting-hunting tiket pesawat via online. Apalagi sekarang ini (2015) sudah banyak jasa penjual tiket pesawat online yang bisa diakses. Murah kok, kalau sedang tidak  peak season kita bisa dapat tiket lumayan murah mulai Rp 300 ribuan ribuan kita sudah bisa terbang menuju Tanjung Pandan dari Jakarta. 


Bandara Hanandjoedin (net)


Agar jatuhnya tidak mahal, maka carilah tiket two ways (pulang-pergi). FYI, pada saat gw ke sana peberbangan ke Belitung hanya ada dari Terminal B Bandara Sukarno Hatta Jakarta. Hanya Maskapai Sri Wijaya Air dan Batavia Air yang punya rute ke Belitung, alias Tanjung Pandan. Kalau 2015 ini berdasarkan penelusuran gw di Traveloka, sudah banyak maskapai yang menerbangi Jakarta-Belitung. Di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Nam Air, Wings Air dan Lion Air. Lebih banyak pilihan maskapainya, tinggal pilih aja rate yang paling murah sesuai sama budget kalian. 

Bandara Hananjoedin yang letaknya di Ibu Kota Belitung, yakni Tanjung Pandan tergolong bandara kecil. Tiap pesawat harus bergantian saat hendak take off maupun landing di bandara ini satu sama lain. 


Agar perjalanan lebih hemat, carilah teman atau kolega yang tinggal di pulau ini. Kami saat itu menyewa mobil teman kami dengan biaya Rp 200 ribu per hari. Itu akan lebih murah ketimbang melalui biro perjalanan.

Nah untuk penginapan, kami saat itu menyewa sebuah hotel yang letaknya di kota Tanjung Pandan, tepatnya di pinggir Pantai Tanjung Pendam. Cukup murah kok, saat itu satu kamar harga sewanya Rp 300 ribu per malam. Fasilitasnya sudah mencakup AC, single bed dua buah, kamar mandi dengan bath-up watter heater, kulkas dan tv. Nah, tips buat piknikers, kalau mau booking hotel, sekarang juga sudah banyak banget jasa booking hotel online. Dan gw jamin akan lebih hemat kalau booking online ketimbang kalian booking langsung di hotel. Bedanya bisa sampai 50 persen gaes!


Karena pada saat itu karena kami tinggal ber tiga, maka per orang membayar Rp 100 ribu. Nah, saat hoping island (mengelilingi pulau satu ke pulau lain) kami butuh menyewa kapal Rp 450 ribu di Tanjung Kelayang (harga sewa tahun 2012). Itu sudah lengkap dengan peralatan snorkeling. Nah..tinggal dikalkulasi sendiri ya..

Di Belitung bagi yang punya alokasi anggaran lebih, juga bisa memilih hotel berbintang. Kemarin meskipun kami menyewa hotel yang biasa namun kami cukup puas. Sebab saat sore hari kami bisa berjalan-jalan di spot Pantai Tanjung Pendam. Di sini ada banyak kafe dan tempat-tempat makan dengan harga murah. Selama kami di Pulau Belitung harga makanan tidak semahal yang kami bayangkan. Seporsi kepiting saus padang saja misalnya, harganya Rp 40 ribu bisa dimakan berempat.


Untuk makanan lain non seafood juga murah kok. Pernah kami sarapan pagi tak jauh dari hotel dengan menu nasi uduk, sayur dan daging cuma Rp 9.000..voilaa..Makanan di Belitung rasanya enak sesuai lidah orang Jawa. Yang jelas selama perjalanan kami tidak pernah merasa dikecewakan dengan rasa makanan di sini..Selamat berlibur di Belitung…:)


Peta wisata

Provinsi Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan, wisata bahari dapat menjadi andalan disamping objek wisata sejarah dan acara adat khas Belitung.

Pada tahun 2005, di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 61 hotel/losmen dengan 1.054 kamar tidur dan 1.630 tempat tidur. Dari 74.343 kunjungan wisatawan di Kepulauan Bangka Belitung, 99,43 persen adalah wisatawan domestik dan 0,57 persen wisatawan mancanegara. Dibandingkan dengan tahun 2004, jumlah ini terlihat mengalami peningkatan hingga 2,62 persen. Berikut merupakan daftar tempat wisata yang layak dikunjungi di kepulauan Bangka Belitung :

Belitung Barat:

Pantai Tanjung Tinggi, Letaknya di Kecamatan Sijuk, sekitar 45 menit dari Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.(recomended)

Pantai Tanjung Pendam, Pantai ini berpasir putih bersih. Terletak di utara kota Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda setiap malam Kamis dan malam Sabtu.(oke)

Bukit Berahu, pemandangan matahari terbenam dari pantai ini tak boleh anda lewatkan. Di Bukit Berahu juga terdapat cottage yang harganya sangat terjangkau. Dengan Rp 300.000,- permalam, pemandangan pantai beserta keindahan senjanya akan menjadi milik anda.(oke)

Pantai Tanjung Kelayang, sebelum menuju surganya Belitung Barat, arahkan kendaraan anda menuju pulau ini. Sewa sebuah kapal dan peralatan snorkeling. Jangan lupa untuk membeli makanan untuk di bawa sebagai bekal.(recomended)

Pulau Lengkuas, Nah ini dia yang disebut Surga Belitung Barat. Keindahan bawah lautnya akan membuat kalian ingin kembali lagi dan lagi dan lagi. Di pulau ini terdapat Mercusuar Belanda tahun 1883. Jika sampai ke atasnya, anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang menjadi aksesori cantik Lengkuas. Ada Pulau Burung, Pulau Babi, Pulau Pasir, Pulau Batu Garuda, dan Pulau Batu Berlayar. Snorkeling? Wajib sekali itu hukumnya.(very recomended)

Gurok Beraye, Gurok dalam bahasa Belitung artinya buruk. Namun pada kenyataannya, air terjun yang berlokasi di Gunung Tajam ini jauh dari arti namanya.(oke)
Rumah Adat Panggong (Tanjung Pandan)
Bekas Pabrik Keramik KIA (Tanjung Pandan)
Penambangan Kaolin (di daerah Aik Raya) (recomended)
Museum Tanjung Pandan
Masjid Al-Ikhlas (bangunan khas Belanda)


Belitung Timur:
Klenteng Dewi Kwan Im, Vihara yang terletak di atas bukit, Desa Burong Mandi, Kecamatan Manggar. Bagi pengunjung yang percaya dengan ramalan, sang juru kunci bisa membantu kalian.

Pantai Burong Mandi, Memang tidak ada batu-batuan granit di pantai ini seperti di Belitung tetapi anda bisa menemukan banyak kater di pantai ini, perahu kayu nelayan dengan kedua lengan sebagai pengaman keseimbangan.(recomended)

Kantin Kopi Apung, Manggar merupakan kota seribu warung kopi. Kami sempat mengunjungi salah satu warung kopi yang terletak di pinggir danau. Angin sepoi-sepoi dan kopi hangat akan menjadi pelengkap sore hari anda.(oke banget)
Replika Sekolah Muhammadiyah, Belum afdol rasanya jika pergi ke Bangka Belitung tetapi tidak mampir ke sekolah yang menjadi tempat syuting di film Laskar Pelangi.
Rumah Ibu Muslimah, Jangan lupa mampir ke rumah sosok pahlawan dari Gantong yang mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan di daerahnya. Beliau sangat terkenal, tanya saja rumahnya ke penduduk sekitar.
(Sumber : Wikipedia)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petualangan 18 Jam ke Pagoda Paling Sakral di Myanmar, The Golden Rock

Traveling ke Bagan Myanmar: Ancient But Magnificent (Part I)

Pesona Kota Yangon: Old But Gold....